What Time Is It Concert










Untuk ketiga kalinya boyband asal Korea Selatan 2PM hadir di Jakarta. Apa yang berbeda dalam konser kali ini?

Sebelum menggelar konser What Time Is It di Meis, Ancol, Taecyeon dan kawan-kawan menghadiri konferensi pers di Menara Bank Mega, Jakarta Selatan. Konferensi pers dilaksanakan hari Jumat, 7 Desember 2012. Pada kesempatan tersebut 2PM muncul dengan mengenakan outfit kemeja berlapis vest putih. Keenamnya tampak lebih dewasa daripada terakhir kali ke Jakarta. Dalam konferensi pers ini 2PM juga memberikan beberapa bocoran tentang konser keesokan harinya. Seperti ketika Taecyeon bilang, Chansung akan menampilkan sesuatu yang hot dan sexy.

Besoknya, mulai pukul 1 siang Hottest, fanbase 2PM, udah menggerombol di area MEIS. Sambil menemani penonton menunggu gerbang dibuka, Marygops Studio menempatkan banyak both official merchandise dan panggung kecil. Untungnya cuaca hari Sabtu, 8 Desember 2012, nggak terlalu panas. Awan mendung bikin Hottest bisa nunggu dengan nyaman sambil ngobrol-ngobrol dan sesekali sing along lagu-lagu 2PM.

Akhirnya, pukul 6 sore gerbang dibuka, pas banget hujan udah mulai turun. Terjadi sedikit kericuhan begitu penonton berebut masuk gerbang. Aplaus miris juga melihat barisan security membentak penonton yang kebanyakan masih remaja. Tapi kita emang harus membiasakan budaya tertib nih, sob. Semua kan buat kebaikan bersama.

Dua jam berada di venue konser, Hottest udah nggak sabaran dan mulai teriak-teriak manggil 2PM. Meski kehadiran Nicchan, saudara Nickhun, sempet jadi hiburan juga. Dan akhirnya, pukul 8 malam, lampu Meis dipadamkan. Taecyeon, Nickhun, Chansung, Junho, Junsu dan Wooyoung muncul di panggung dengan kostum hitam berlapis metal a la ninja assassin. Lagu ‘I’ll Be Back’ langsung menggetarkan Meis disambut hysteria para Hottest. Dilanjutkan dengan ‘I Was Crazy About You’ dan ‘I Hate You’.

Buat para Hottest yang sempat nonton penampilan 2PM sebelumnya pasti merasakan pengalaman berbeda begitu nonton konser What Time Is It malam itu. Dari segi penampilan, 2PM menghilangkan otot-otot kekar yang jadi ciri khas mereka sebagai beastly idol, dan dance akrobatik pun absen dari pertunjukan. Penampilan a la beastly idol tergantikan tampilan gentleman. 2PM lebih sering menggunakan jas sepanjang konser.Tapi bukan berarti konser jadi menjemukan, kehadiran live band pun memberikan rasa berbeda pada tiap lagu. Seperti ‘Again and Again’ dengan intro akustik, dan ‘Heartbeat’ yang lebih nge-rock. Keenamnya berusaha keras berinteraksi langsung dengan Hottest menggunakan bahasa Inggris dan bahasa Indonesia.Kejenakaan 2PM juga terlihat ketika Junsu berteriak “Ayo pacaran dengan ku” maupun saat Chansung menyanyikan lagu ‘Satu-Satu Aku Sayang Ibu’ dengan bahasa Indonesia yang terbata-bata.

Pertunjukan solo dari masing-masing personil pastinya sudah ditunggu. Apalagi sepanjang tahun ini keenamnya memang lebih sibuk dengan solo project. Chansung tampil solo pertama kali dengan lagu ‘Love You Down’ dan liukan sexy dance. Penampilan topless Chansung merupakan kejutan lain, mengingat ia paling pemalu diantara keenam anggota 2PM. They are really growing up, aren’t they? Junho nggak mau kalah, membawakan ‘Just A Feeling’ ia memamerkan kemampuannya bermain drum. Persis seperti Chansung, Junho juga tampil lebih percaya diri dari biasanya. Penampilan solo paling berkesan ditampilkan oleh Taecyeon yang muncul di panggung dengan mixer a la DJ. The best part was, Taecyeon nge-mix semua judul lagu 2PM sebagai bukti kecintaannya pada Hottest. Junsu dan Wooyoung yang udah punya solo album tampil membawakan lagu mereka masing-masing. Sementara Nickhun bikin seisi Meis melting begitu membawakan ‘Let It Rain’ diiringi denting piano.

Setelah semua lagu dimainkan, bahkan single berbahasa Jepang mereka, ‘Im Your Man’, Taecyeon pun mulai membuat Hottest resah dengan mengumumkan konser sudah berakhir. Junsu ikut-ikutan dengan bertanya, “What time is it?” yang langsung dijawab gemuruh para Hottest: It’s Still 2PM! Malam semakin larut dan sudah waktunya pulang, Aplaus pun menuruti pesan Nickhun to safe drive and eat something before you sleep.

Teks dan foto: Shinta  
Untuk Aplaus The Lifestyle