Porto! 14


BisTip.com: nitip barang lewat komunitas online

Jaman kuliah di University of New South Wales, Australia, Willy Ekasalim  selalu dititipin temen-temennya pas mau balik ke Jakarta. Berawal dari ‘tradisi’ titip-menitip ini, Willy mengajak temannya, Dody, untuk mengembangkan tradisi tadi menjadi BisTip.com.  Akhirnya BisTip.com resmi beroperasi pada 28 Maret 2011 dengan tambahan Panggih dan Agung yang jadi admin.

What is BisTip.com?
BisTip merupakan singkatan dari bisa titip. Kebayang dong, kalau situs ini menggabungkan tradisi titip-menitip dan jaringan internet. Dengan modal awal Rp 10 juta, Willy dkk, memulai BisTip.com yang memfasilitasi anggota komunitas. Ada dua peran utama bagi user BisTip.com,  yang hendak menitip barang (wanted Bistiper) dan mereka yang akan berpergian (Bistiper).  Hingga sekarang, tercatat udah 2000 akun terdaftar sebagai anggota BisTip.com dan bakalan nambah lagi.

How to
Sebelum ikutan, kita wajib terdaftar sebagai anggota BisTip.com nih, tinggal isi form data diri bisa juga login menggunakan akun Facebook atau Twitter. Ada beberapa menu yang jadi fungsi utama BisTip.com. Diantaranya adalah Post Rute Jalan, Post Wanted Bistiper , Cari Bistiper, dan Cari Wanted Bistiper. Menu Post Rute Jalan diperuntukkan bagi Bistiper  yang bersedia untuk dititipi dengan imbalan. Cukup mem-posting rute jalannya di menu ini dengan memasukkan  "Dari Lokasi", "Tujuan Lokasi", "Tanggal Berangkat", "Tanggal Sampai", dan keterangan tambahan di field "Tambahan". Setelah di-post, maka akan ditampilkan di daftar bistiper dan pengguna lain bisa mencari serta meninggalkan komentar atau menuliskan pesan pribadi kepada user tadi. Buat yang mau nitip sesuatu, bisa mencari Bistiper tadi di menu"Cari Bistiper".
Ngerasa ragu dengan profile akun yang bertransaksi sama kita? Tenang, BisTip.com bisa tersambung juga dengan profile Facebook dan Twitter user, jadi kita bisa cek terlebih dahulu reputasi mereka. Reputasi di BisTip.com ini dinilai berdasarkan oleh para user sendiri. Biasanya, Wanted Bistiper bakalan ngasih point ke Bistiper yang udah bawain titipan mereka. Layaknya komunitas online, BisTip.com punya dua fitur keamanan ada asuransi dan rekening bersama. Selanjutnya, BisTip bakal nambahin fasilitas PayPal buat mempermudah para user.
Jangan lupa baca tips dan tata cara ikutan BisTip.com. Penting juga tuh, buat calon-calon Bistiper. Pesan dari para admin BisTip.com nih, ngga usah takut nolak kalau emang ragu dengan barang yang dipesan. Tapi, menurut Willy, sejauh ini transaksi user melalui BisTip.com ngga bermasalah. Mulai tertarik mau ikutan nitip?

Teks: Shinta – Foto: Arman Yonathan, screen capture
Gogirl! Magazine vol. 82