Porto! 7


Rafi and The Beat: Learn From Music

Ngga puas dengan penampilan Rafi and The Beat pas Crowning Night Gogirl! Look 2011 kemarin? Well, kali ini Gogirl! berkesempatan ngobrol-ngobrol bareng Rafi, Raben, Agus, Felix dan Rudolf. Sayangnya nih, keyboardis mereka Satriawan, berhalangan hadir. But, we have so much fun!

Hi, guys, gimana rasanya ikut acara Gogirl!?
Hi. Wah, seru banget. Apalagi dengan settingan tema Mardi Grass dan efek lampu-lampu di panggung. Keren abis. Makasih yah, udah diajak.

Haha, okay. Sekarang certain dong soal kalian. Ada siapa aja sih, dalam Rafi and The Beat?
Di sini ada Rafi pada Drum, Agus pada Bass, Satriawan pada Keyboard, Felix pada Gitar, Raben sebagai MC Rap, Rudolf sebagai Vocalist.

Kalian kan udah cukup terkenal di kalangan musisi, kenapa akhirnya memutuskan bikin band?
Jadi nih, sebagai musisi pastinya lo kepengen punya suatu project dimana lo bisa ikut memimpin, bisa mewujudkan apa yang lo mau lewat musik. Bukan sekedar ngebantu orang-orang doang. Ngga mau ngikutin orang terus. Itu titik tolak kami pada akhirnya bikin Rafi and The Beat.

 Gimana nih awalnya Rafi and The Beat bisa terbentuk?
Sebenernya, dulu Rafi and The Beat sistemnya additional player. Sama kayak band lain, kami juga sempet gonta-ganti anggota. Akhirnya Rafi kepikiran buat bikin band yang solid, dengan anggota tetap. Dan rencana ke depannya semua disusun bareng-bareng. Sebelumnya kami yah udah kenal dan udah biasa kerja bareng.

Hm, berarti pas pembuatan album pertama kalian, Music From Our Soul, masih bongkar pasang personil tuh?
Yup, pas pembuatan Music From Our Soul, masih ada personil yang lama. Tapi saat live performance, personilnya udah yang sekarang ini.

Ada apa aja di album Music From Our Soul?
Ada 10 lagu, 6 diantaranya dibuat dan diaransemen sendiri oleh Rafi. Di album ini, kami juga banyak berkolaborasi dengan musisi lainnya. Diantaranya ada Cindy Bernadette, Soulmate, Bona Pascal, Davina Rajendra, Radhini Aprilya, Renita Martadinata, Matthew Sayersz dan Bayu Riza Ex-Pasto. Kami sengaja ajak mereka agar setiap lagu di album ini punya nuansa yang berbeda.

Kita kan sering banget liat Rafi and The Beat featuring dengan banyak musisi. Kira-kira nih, siapa sih musisi yang pengen banget kalian ajak featuring?
Pastinya sih, kami kepengen banget kerja bareng banyak musisi. Yang musiknya berkualitas, ngga sekedar punya nama besar aja. Asik juga kalau bisa featuring dengan musisi-musisi yang beda genre, Seringai atau Santa Monica, misalnya. Jadi punya tantangan baru gimana buat mengharmonisasi genre kedua band. Atau lebih seru lagi bisa kolaborasi bareng Rhoma Irama, Iwan Fals atau Indra Lesmana.

Kenapa kalian ngearansemen ulang Kala Cinta Menggoda-nya Chrisye untuk dijadikan single?
Kayak tadi kami utarakan, Rafi and The Beat sangat mendukung musisi Indonesia yang mempunyai mutu. Salah satunya, yah, mas Guruh, pencipta lagu tersebut. Di sini kami menambahkan nuansa Soul, RnB, dan Gospel. Dengan penambahan di bagian bridge dan memasukan rap di bagian tengah lagu, untuk memunculkan karakter Rafi and The Beat . Kami sendiri emang suka dengan lagu ini. Pengen juga sih, bisa ngembangkan tembang-tembang lawas.

Oke, rencana single keduanya kapan nih?
Sekarang lagi mau dibikin video klipnya. Pas acara Gogirl! kemarin, kami udah rencana mau ngajak salah satu finalis buat model video klip nih. Ada rekomendasi? J

Twitter: @RafiandTheBeat

Teks Shinta – foto Agung Perkasa Nugraha
Gogirl! Magazine vol. 79

Comments