Mind and Body Energizing




Tinggal di kota besar, pasti enggak luput kena macet dan polusi yang bikin stress. Belum lagi rutinitas harian yang ngga ada habisnya dan pola makan ngga teratur. Hm, yuk luangkan sedikit waktu kita untuk mengubah energi negatif menjadi energi  positif.

1.       Tea Spa
Bukan rahasia lagi kalau teh memiliki kandungan antioksidan yang bagus bagi tubuh. Biasanya nih kita mengkonsumsi teh untuk mendapatkan khasiatnya. Ternyata selain diminum, teh juga digunakan sebagai bahan perawatan tubuh lho. Seperti yang dilakukan di Tea Spa. Konsep dari spa yang terletak di Jl. Gunawarman No. 9 ini memang menggunakan teh sebagai bahan dasar perawatannya. Untuk perawatannya, Tea Spa menggunakan green tea untuk perawatan relaksasi, melembapkan dan melembutkan kulit.
Satu yang wajib dicoba kalau ke Tea Spa adalah French Massage. Treatment yang satu ini cocok banget untuk mendetoksifikasi tubuh kita dari toksin. Efeknya juga bagus buat yang mau melangsingkan badan dan menghilangkan selulit nih. Proses French massage dimulai dengan foot spa, lalu dilanjutkan dengan pijatan ke seluruh tubuh menggunakan ekstrak teh dan minyak esensial. Teknik pemijatannya juga ngga sembarangan nih, soalnya terapis dari Tea Spa akan memberi tekanan pada bagian-bagian tubuh yang berlemak.  Minyak dan ekstrak teh yang digunakan juga akan menghancurkan lemak-lemak dalam tubuh dan mengeluarkannya dalam bentuk keringat, juga urin. Ngga heran kalau selama terapi, kita bisa mondar-mandir ke kamar mandi nih. Dari sinilah toksin-toksin dalam tubuh kita dibersihkan. Antioksidan yang terkandung dari teh juga akan membersihkan sel-sel kuliat mati, melancarkan peredaran darah dan bikin kulit kita lebih cerah. Selesai terapi, kita juga akan disuguhkan varian teh yang sesuai dengan golongan darah, ada Ginger tea untuk golongan darah A dan B, peppermint tea untuk golongan darah O dan lemon tea untuk golongan darah AB. Cukup menyediakan uang sebesar Rp 150.000 untuk terapi berdurasi 70 menit ini.

Jl. Gunawarman No. 9
Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
021 7250114

2.       Life Tree Spa
Begitu masuk ke halaman spa ini, suasana Jakarta yang hiruk pikuk langsung lenyap dari pandangan. Ngga heran, karena Life Tree Spa ini didesain menyerupai daerah Ubud di Bali dengan banyak pohon kelapa dan atap-atap rumbia. Tujuannya nih, supaya kita bisa melepaskan kepenatan akan kota Jakarta yang padat dan macet segera begitu datang ke Life Tree Spa.  Semua terapis yang terdapat di Life Tree Spa merupakan terapis profesional yang telah melalui pelatihan Self-Awareness learning . Jadi, selama terapi mereka bisa menyalurkan energi positif ke kita melalui pijatannya, loh. Dalam setiap treatment-nya, Life Tree Spa menggunakan Virgin Coconut Oil yang sudah terstandarisasi dan teknik pijatan energy healing.
Treatment detoksifikasi yang disediakan di Life Tree Spa adalah Detoxifying Massage. Pertama nih, kita akan mengisi form yang selain memuat data diri juga keluhan apa aja yang kita alami. Dari form ini, nanti akan ditentukan esential oil yang akan digunakan untuk terapi kita. Misalnya nih, kalau kita mengalami kelelahan, bisa dibantu dengan menggunakan jahe yang berfungsi melancarkan peredaran darah. Bisa juga memilih lavender essential oil jika mengalami kesulitan tidur. Metode pijat dalam terapi ini lebih banyak menggunakan peremasan yang efektif banget untuk menghancurkan lemak. Nah, kalau badan kita suka berasa pegel-pegel nih dengan rutinitas sehari-hari, Detoxifying Massage bisa jadi pilihan yang pas agar badan kembali fresh. Energy healing yang disalurkan para terapisnya, juga membantu kita melepaskan energi negatif dan bisa lebih menenangkan pikiran. Selesai terapi selama 75 menit, kita akan disajikan wedang jahe untuk menghangatkan badan. Untuk bisa merasakan terapi di Life Tree Spa, sebelumnya harus reservasi dulu nih. The cost is about Rp 150.000.

Jl.RS. Fatmawati No.39
IEC, Jakarta
(021) 9373-4652/7160-6521

3.       Bikram Yoga
Ngga cuma tubuh nih, pikiran pun perlu didetoks, salah satu caranya dengan ikutan yoga. So lets try Bikram Yoga. Bikram yoga dikembangkan sejak lebih dari tiga puluh tahun yang lalu oleh Bikram Choudury. Bikram yoga merupakan salah satu cabang hatha yoga yang dirancang untuk melatih setiap bagian dari tubuh melalui 26 rangkaian postur selama 90 menit. Setiap postur bekerja secara bersinergi untuk mengembalikan tingkat keseimbangan tubuh. Untuk tekniknya, bikram yoga terdiri atas dua puluh enam rangkaian asana (postur) yang dirancang secara ilmiah untuk memanaskan dan meregangkan otot,sendi,dan urat secara berurutan dan beraturan. Menariknya, latihan bikram yoga harus dilakukan dalam ruangan "panas" bersuhu 38-42 derajat Celsius. Panas ini bikin kita lebih mudah melakukan ke 26 gerakan tersebut sehingga bisa lebih cepat mendapatkan manfaat dari yoga. Ngga cuma itu nih panas juga mendorong tubuh melakukan pembersihan dan detoksifikasi, selain membentuk stamina dan ketangguhan. Postur-postur Bikram Yoga memiliki efek tourniquet, yang secara efektif menekan, memijat, dan merengangkan organ internal, sehingga melancarkan sistem kardiovaskular. Melakukan peregangan rutin akan membantu meringankan kaku otot dan lemah sendi. Karena itulah mengapa yoga disebut memiliki efek yang meremajakan. Nah, karena kita latihan di ruangan bersuhu maksimal 42 derajat, kesabaran dan pengendalian emosi kita juga dilatih. Soalnya kita ngga boleh meninggalkan ruangan sebelum latihan selesai.  Efeknya, selain bisa menenangkan pikiran, yoga juga akan membuka cakra kita. Ngga gampang stress dan naik darah lagi deh.
Tertarik mencoba bikram yoga? Cukup datang ke Bikram Yoga, mengisi formulir registrasi sekaligus tujuan yang ingin kita capai melalui bikram yoga. Untuk sekali ikut kelas, dikenakan biaya Rp 155.000. Jadwal kelasnya bisa dilihat langsung di www.bikramyogajakarta.com.

Two Kemang Place 2nd floor
Jl. Kemang Selatan Raya no. 2a
021 7197379

4.       Hang Lekiu Medical Center
Setelah tubuh dan pikiran, sekarang giliran bagian wajah nih yang harus didetoks. Yuk, cobain Detoksifikasi Dead Sea dari Hang Lekiu Medical Center. Perawatan ini akan mendetoksifikasi racun dan radikal bebas di wajah karena penggunaan kosmetik. Proses awal adalah membersihkan wajah dengan susu pembersih dan whitening cleansing foam untuk menghapus sisa kosmetik. Dilanjutkan penggunaan serum black head remover agar komedo mudah dikeluarkan. Selama serum black head remover bekerja, kita juga akan mendapat perawatan totok giok. Perawatan totok giok dilakukan selama 10 menit, dengan menggunakan alat khusus yang mempunyai aliran magnetik positif dan negatif yang berfungsi merangsang titik-titik kemudaan di wajah, merangsang aliran darah dan oksigenasi jaringan untuk memperlancar peredaran darah di wajah, mengencangkan otot-otot wajah, merelaksasi otot wajah. Selanjutnya untuk mendetoksifikasi kulit, digunakan detox essence cream yang terdiri dari dead sea detox dan dead sea black mud powder mask. Fungsinya untuk mengurangi racun dari dalam tubuh dan mengurangi efek pemakaian kosmetik pada kulit wajah kita. Fungsi dari dead sea black mud powder mask adalah menyerap racun dari kulit, menghilangkan kotoran serta racun yang berlebihan dan melembabkan kulit wajah. Setelah penggunaan, warna dari masker ini akan berubah warna menjadi keabu-abuan karena menyerap toksin. Hingga pada tahapan terakhir, masker berwarna lebih terang yang berarti toksin-toksin di wajah kita sudah terserap seluruhnya. Untuk hasil terbaik, terapi detoksifikasi ini dilakukan seminggu sekali selama 2 bulan. Sediakan waktu 40 menit dan biaya yang dibayarkan Rp 175.000.

Jl. Hang Lekiu III No.10
Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
021 7208152

5.       Doctor Fish
Doesn’t have much time? Well, kita tetap bisa melakukan perawatan detoksifikasi kok. Yang satu ini ngga akan mengambil banyak waktu luangmu dan bisa ditemukan dimana-mana. Yup, we are talking about fish spa. Terapi ini merupakan spa dengan media ikan garra ruffa atau yang biasa dikenal dengan doctor fish.  Biasanya nih, terapi ikan garra ruffa bisa ditemukan diberbagai pusat perbelanjaan dengan harga bervariasi.  Untuk memulai terapi, bagian tubuh yang akan diterapi sebelumnya dibersihkan dengan handuk hangat agar bebas debu, lotion dan zat kimia lainnya. Kebanyakan bagian yang diterapi adalah kaki, karena banyak syaraf-syaraf yang pusatnya di telapak kaki. Setelah 20-30 menit, terapi dilanjutkan dengan refleksi dan pijatan lembut. Manfaat dari terapi ini selain menghilangkan sel kulit mati, ikan garra ruffa juga mengeluarkan enzim dithranol untuk merangsang pertumbuhan kulit dan melancarkan peredaran darah.  Peredaran darah yang lancar akan mengurangi tingkat strees dan kepenatan kita.

Shinta - Foto: Arman Yonathan, Agung Perkasa
Gogirl! Magazine vol. 78