Affordable Coffee Shops: West Jakarta Vol. 1



Kalau ngomongin affordable, tentunya tiap orang punya batasan tersendiri. Karena gue lumayan sering duduk-duduk di warung kopi, misalnya sekali ngopi 30 ribu belum termasuk tax and service, ya.. nggak terjangkau buat gue :( Orang lain mungkin punya daya beli yang berbeda namun tidak ada salahnya mencoba kedai-kedai kopi berikut.

Selain keterbatasan biaya, gue juga memiliki keterbatasan waktu, jadi kedai kopi dalam ulasan ini adalah yang memiliki waktu tempuh di bawah 30 menit dari lokasi kantor gue.

Kopimen Binus



Bernaung di tengah kemacetan Jalan Syahdan, Kopimen Binus rasa-rasanya bisa dibilang ikon perkopian seduh manual di sekitar Binus. Apalagi dengan jam bukanya yang panjang dari pagi hingga pagi lagi dan kebiasaan open bar yang memungkinkan pelanggan mencoba nyeduh sendiri dan melahirkan tukang seduh baru di kancah kopi seduh manual.

Segelas kopi filter di sini harganya di bawah 20 ribu tergantung jenis biji kopi yang tersedia. Penganan dalam menu memang nggak terlalu banyak, tapi pelanggan bisa jajan sendiri di beragam tempat makan di sekitar Kopimen. Tenang, bawa makanan dari luar nggak kena charge, kok. Mau nyoba Taiyaki Kun juga bisa sekalian ngopi di sini.

Selain ngopi dan ngemil, Kopimen juga semacam lokalisasi bagi pengebul asap. Mau rokok konvensional ataupun vaper, cocok banget buat nongkrong di sini. Terutama karena ada beragam tester liquid dari merek lokal dengan rasa yang nggak masuk akal tapi bikin nagih (berdasarkan pengakuan anak-anak pojokan Kopimen).

Find Kopimen Binus

Owl House Coffee



Pertama kali main di sini, suasana Owl bikin gue teringat sebuah lokasi diskusi di Utan Kayu yang kental dengan bahasan politik dan pergerakan aktivis. Mungkin karena Owl juga adalah sekaligus koperasi dan memuat banyak buku yang kata anak SMA sekarang buku-buku kekirian. Walaupun letak raknya ada di kanan.

Buat duduk-duduk santai di sini menikmati suasana malam, pesanlah segelas kopi dan sepiring singkong goreng. Bayar pake 50 ribuan pun masih dapet kembalian. Bosan ngopi sendirian? Datanglah pas Owl bikin acara. Dari mulai akustikan meriah sampai acara bincang-bincang yang sarat ilmu. Nah, kan, karena bahas Owl, gaya penulisan jadi kayak pas nongkrong di Utan Kayu dan nyamar jadi anak sastra.

Find Owl House Coffee

Coffe.a



Berada di semacam komplek jajanan, Coffe.a adalah tempat ngopi lumayan baru deket kantor gue. Awalnya gue enggan mencoba karena kebanyakan tempat makan di komplek jajanan itu agak pricey. Tapi ya, karena saya orangnya nggak suka ngejudge sebelum ngajak ngobrol, marilah kita mampir. Seperti tempat makan lainnya di sini, Coffe.a juga memiliki interior yang apik. Jadi walau tempatnya mungil pun, tetap bikin betah.

Harga segelas kopi seduh manual di sini adalah 25 ribu. Dari postingan Instagramnya, sih, Coffe.a menyediakan makanan kecil. Tapi pas disamperin lagi kosong nampaknya. Misal mau jajan gelato di atas dan campur pake kopi di Coffe.a juga dipersilakan. Nah, yang juga wajib dilakukan adalah mengabadikan foto diri di tangga yang disulap menjadi pojokan duduk-duduk dan baca-baca.

Find Coffe.a