Super Junior Super Show 4 Indonesia








Teriakan tanpa henti mewarnai penampilan 9 cowok multi talenta dari Negeri Gingseng. Super Junior sukses memanjakan para penggemarnya di Indonesia.

Bukan waktu yang sebentar sejak penampilan yang kurang memuaskan dari Super Junior di acara KIMCHI tahun 2011 lalu. Akhirnya penantian panjang berakhir, memanjakan ELF Indonesia, Super Junior kembali ke Jakarta dan menggelar Super Show 4 selama 3 hari, sejak 27-29 April 2012. Mengambil tempat di Mata Elang Internasional Stadium (MEIS), Showmaxx Entertainment berhasil mengundang boyband asal Korea Selatan yang punya fanbase terbesar ini. Sekejap, Ancol Beach City dipenuhi fans Super Junior dengan atribut serba biru.

Aksi Panggung Spektakuler

Tepat pukul 7 malam, 9.000 penggemar Super Junior mulai memadati ruang konser di Mata Elang Internasional Stadium. Venue konser Super Show terlihat begitu megah dengan tatanan panggung yang menjangkau hampir seluruh penonton. Di bagian belakang dan kanan-kiri panggung juga dilengkapi dengan layar raksasa. Masih ada lagi beberapa layar kecil di tiap sudut MEIS.

ELF yang nggak sabaran, mulai memanggil nama idola mereka. Akhirnya, begitu lampu stadium dipadamkan, wajah kesembilan personil Super Junior muncul di layar. Kontan penonton menjerit kegirangan, it’s about time to met their idol. Kyuhyun, Sungmin, Ryeowook, Yesung, Shindong, Donghae, Eunhyuk, Siwon dan Leeteuk muncul secara berbarengan dari bawah panggung utama. Menanggapi teriakan para ELF, Super Junior menggebrak dengan lagu ‘Superman’ sebagai lagu pembuka. Disusul dengan ‘Opera’, ‘Twins’ dan ‘A Man in Love’. Gerakan dance energik dan semburan air serta kembang api di pinggiran panggung utama membuat MEIS dipenuhi gemuruh kekaguman dari penonton. Belum lagi kedua sisi depan panggung dilengkapi crane yang bisa dinaiki seorang personil Super Junior untuk menyapa penggemar mereka di bangku tribun.

Totalitas sepertinya jadi salah satu moto Super Junior, terlihat saat sembilan personilnya berusaha menyapa penonton menggunakan bahasa Indonesia. Sebagai leader, Leeteuk mengambil peran menjadi MC dan menyapa penggemarnya, “Saya suka Indonesia, gadis.” Ucapnya yang mengundang tawa. Personil lainnya juga nggak mau kalah, masing-masing memperkenalkan diri dalam bahasa Indonesia. Bahkan Ryeowook udah nyiapin kertas contekan berisi perkenalan dirinya dalam bahasa Indonesia.

Aksi-aksi panggung atraktif mengejutkan penonton saat Super Junior muncul dengan sepeda melayang di atas panggung. Apalagi ketika Leeteuk berusaha salto saat melayang bebas di udara. Lagu ‘Walking’ yang mereka bawakan benar-benar membuat suasana MEIS penuh keceriaan. Seperti nggak kenal lelah, Super Junior membawakan ‘Wonderboy’ dan ‘Bonamana’ dengan gerakan dance penuh semangat. Terutama bagian solo dance Eunhyuk di lagu ‘Mr. Simple’.

Belum cukup puas, di sesi berikutnya Super Junior hadir dalam kostum cosplay. Ada Eunhyuk yang menjadi Marilyn Monroe, Leeteuk sebagai Hulk Hogan, Kyuhyun tampil sebagai Steve Job dan yang paling banyak mendapat sambutan, saat Siwon muncul dengan kostum Superman. Membawakan lagu ‘Good Friend’, Super Junior menguasai arena konser sambil berlari-lari ke segala sisi panggung.

Konser dilanjutkan dengan penampilan solo dari masing-masing personil. Yang mendapat giliran pertama adalah Eunhyuk dengan lagu ‘Say My Name.’ Lagu dengan lirik blak-blakan ini kabarnya ditulis sendiri oleh Eunhyuk. Ia pun meminta penonton ikut berteriak Lee Hyukjae tiap kali ia berkata “say my name.”
Kalau di penampilan solonya Kyuhyun memamerkan kemampuannya bermain keyboard dan harmonika, Leeteuk tampil sambil memainkan saxofon dan dilanjutkan dengan permainan piano yang apik. Kemudian Leeteuk berkeliling panggung sambil membagikan bunga mawar untuk para ELF. Masih ada lagi pertunjukan solo dari Sungmin dan Shindong yang memamerkan kemampuan menarinya diiringi lagu ‘Cinta Jangan Kau Pergi’ milik Vidi Aldiano.

Penonton masih dimanjakan dengan interaksi atraktif yang dilakukan para personil Super Junior. Misalnya saat Donghae dan Eunhyuk mengajarkan tarian kepada penonton. Walau awalnya agak nggak ngerti, akhirnya para ELF menangkap maksud keduanya dan ikut berdansa. Yesung, Siwon dan Shindong bahkan nggak keberatan berfoto menggunakan kamera penonton. Tapi itu belum semua, jeritan histeris penonton kembali terdengar begitu Siwon tampil shirtless memamerkan otot perutnya.

EXO M Debut Stage

Satu lagi yang special di Super Show 4 Indonesia. Kalau biasanya Super Junior mengajak Henry dan Zhoumi yang tergabung dalam Super M, kali ini ada boyband baru debutan SM Entertainment. Walau udah sempet denger rumornya, penonton tetap terkejut saat Kris, Luhan, Lay, Xiumin, Chen dan Tao yang tergabung dalam boyband EXO-M muncul di tengah panggung.

Kedatangan EXO-M di Indonesia ini merupakan yang pertama sejak debut mereka 31 Maret 2012 lalu. Penampilannya dalam Super Show 4 Indonesia sekaligus menjadi kolaborasi pertama mereka dengan seniornya, Super Junior. EXO-M muncul di Super Show 4 Indonesia juga termasuk untuk mempromosikan boyband ini.

Keenamnya membawakan dua lagu, Mama yang menjadi debut single mereka dan History, single prolog yang dirilis Maret lalu. Sambutan buat EXO-M nggak kalah meriah dari seniornya. Biarpun baru sebulan dari tanggal debut mereka, di Indonesia sendiri EXO-M sudah memiliki fanbase bernama EXOnesia. Rumor yang menyebutkan ELF menolak kehadiran EXO-M di Super Show kali ini tidak terbukti, baik penggemar Super Junior dan EXO-M tetap tertib menikmati pertunjukan dari idola mereka.

Akhirnya, Super Junior kembali ke panggung dengan mambawakan ‘Sorry Sorry’ dan ‘Miracle’ yang menjadi lagu penutup Super Show 4 Indonesia. Mereka pun memuji para ELF yang sudah bersedia datang dan mengatakan kalau Super Junior sangat mencintai mereka. Diakhir acara, Siwon maju dan berkata, “Dua hal yang menggambarkan Indonesia adalah passionate and true love”. Super Junior pun berjanji akan kembali lagi ke Indonesia.

Teks: Shinta – foto: Dok. Showmaxx