Spicy Tongue





Hot Spicy Yummy

Gogirl! tantang para pencinta makanan pedes buat ngerasain menu-menu rekomendasi Gogirl! kali ini. Dare to burn your tongue?

1.      Ramen 1
Juaranya makanan pedas asal Jepang, pastinya mie ramen. Pas banget nih ada gerai ramen yang baru buka di Margo City, Depok, Ramen 1. Sejak dibuka bulan Juni lalu, antrian di depan Ramen 1 selalu penuh, nih. So, Gogirl!decide to tried some menus and found out why Ramen 1 deserve those long waiting list.
Selain karena antrian panjang, gerai berukuran sedang di lantai 1 Margo City ini terlihat mencolok dengan dekorasi kayu-kayu sebagai interiornya. Makan di sini, kita berasa masuk dalam gerai ramen yang banyak ditemukan di kota-kota di Jepang. Dan penyebab panjangnya antrian adalah 13 varian ramen dengan 5 level kepedasan!  Pilihan tingkat kepedasan dimulai dari mild, buat yang ngga doyan pedes; spicy dan burning, tingkat kepedasan yang paling sering dipesan; serta explode dan on fire, tingkat kepedasan ekstrem but worth to try.
Gogirl! mencoba TenderloinTeriyaki Ramen (Rp 25.800) dan Chicken Chasiu Ramen (Rp 19.800) hingga tingkat kepedasan on fire. Ada dua sambel nih, yang jadi sumber rasa pedas dan lezat dari Ramen 1. Sambel pertama merupakan bagian dari bumbu ramen, lengkap dengan bawang putih dan cabai segar. Sedangkan sambel kedua, menjadi andalan tingkat kepedasan masing-masing ramen. Butuh waktu persiapan 3 hari hingga sambel ini siap digunakan loh. Masih ada lagi sambel miso di tiap meja yang bisa digunakan sesuka hati, if you think on fire level didn’t enough to make you on fire!

Rate: lima cabe
Margo City Depok FL1-15
021 78870997
Buka: 10.00-22.00

2.      Han Gang Korean Food
Restoran yang khusus menyajikan masakan Korea ini udah buka beberapa cabang di Jakarta. Selain ada di Grand Indonesia, Han Gang juga ada di Jl. Wolter Monginsidi dan Pacific Place.  Masakan Korea sendiri terkenal banyak menggunakan sayuran dan punya rasa pedas. Di Han Gang Korean Food, Gogirl! pilih Yukgaejang (Rp 55.000), penganan sup daging sapi pedas yang disajikan dalam keadaan panas. Selain daging sapi sebagai isian utamanya, ada scallion, dangmyeon atau mi soun dan jamur Champignon buat nambah cita rasanya. Yang bikin enak, daging sapi dalam Yukgaejang dimasak empuk banget, kita jadi bisa ngerasain rasa pedas dan gurih sekali suapan.
Berikutnya ada Kimchi Jjigae (Rp 55.000). Yup, makanan khas Korea ini merupakan fermentasi sawi putih lengkap dengan tahu dan daging. Jangan tanya soal rasa, Koucukaro dalam kedua sup ini siap bikin kita berkeringat karena pedasnya. Bedanya, Kimchi Jjigae memiliki sensasi rasa asam dari proses fermentasinya.

Rate: 3 cabe
Grand Indonesia, Sky Bridge Level 3A
021 2358 0710
Buka: 10.00-22.00

3.      Grasshopper Thai
Pas keliling Benton Junction, coba deh mampir ke Grasshopper Thai. Restoran Thailand ini ngga cuma punya nama yang unik, interior restorannya juga cute dan cozy.  Sofa sutera Thailand berwarna biru muda melingkar di tengah ruangan jadi best spot di sini. Nah, mumpung lagi di Grasshopper Thai, wajib banget nyobain Tom Yum, sup asam pedas khas Thailand. Dari beberapa jenis Tom Yum yang tersedia, Gogirl! memilih Tom Yum Spicy Seafood Basil (Rp 39.000).
Racikan kaldu seafood, cabai merah, serai dan daun ketumbar dalam tom yum ini yang bikin rasa pedesnya jadi seger karena bercampur dengan air jeruk. Sesuai namanya, ada beragam seafood di Tom Yum Spicy Seafood, mulai dari kerang hijau, udang, potongan daging kakap, cumi-cumi dan jamur. Sekali cicip aja, udah kerasa tuh rasa asam dengan pedas cabai yang tercampur sempurna. Penggunaan pasta Tom Yum import dari Thailand merupakan rahasia yang bikin kuah tom yum tampak pekat dengan semburat merah.  Seriously, this is the best Tom Yum in town!

Rate: 3 cabe
Benton Junction #15, Lippo Village – Karawaci
021 68888424
Buka: 07.00-22.00

4.      Calico Grill & Brew
Ngga jauh dari Jl Bangka Raya, kita bakal nemuin kapal laut yang terletak di atap rumah, welcome to Calico Grill & Brew. Seperti eksteriornya, restoran ini berkonsep bajak laut, lengkap dengan furniture, dekorasi sampai event yang bikin kita inget sama karakter-karakter dalam film bajak laut. Karena kita lagi nyari menu bercita rasa pedes, pilihan Gogirl! jatuh pada Ikan Bajak Laut (Rp 35.000), pas banget menu ini merupakan best seller di Calico Grill & Brew.  Menu ini terdiri dari ikan gurame goreng tepung lengkap dengan nasi dan lalapan. Eits, dilarang komentar kalau belum nyobain sambelnya nih. Begitu nyobain sambel Bajak Laut ini, nafsu makan kita langsung bertambah layaknya bajak laut dengan selera makan besar. Rasa pedes dari sambel ini ngga terlalu mengigit dan bikin kita kapok, tapi justru seger dan kaya bumbu.
Menu berikutnya ngga kalah pedes, penampilan dari Iga Saus Padang (Rp 70.000) ini emang agak berantakan, maklum namanya juga makanan bajak laut, hehe. Iga import seberat 500 gram ini porsinya cukup untuk berdua, dan punya rasa pedes manis.  Disajikan dalam hotplate dengan pilihan nasi, french fries, atau baked potato plus sayuran. Tinggal pilih menu mana yang pas dengan selera kamu, but you’ve been warned, this food gonna burn your tongue!

Rate: 4 cabe
Jl. Bangka Raya No.37
Kemang, Jakarta Selatan
Buka: weekdays 11.00- 22.00 weekend 11.00-24.00

5.      Depot Saribanon
Memasuki Depot Saribanon, Gogirl! berasa lagi makan di warung-warung pinggiran jalan Pantura. Soalnya, di sini ada beberapa lukisan yang serupa dengan lukisan di belakang truk-truk besar. Selain itu, dekorasi interiornya juga lumayan jadul, ada miniature truk, bus, bajaj, plus termos es lilin dan klenengan es puter. Biarpun interiornya jadul, menu di sini wajib dicoba, apalagi pilihan menu nasi gorengnya yang cuma ada di Depot Saribanon. Menu pertama yang jadi rekomendasi adalah Nasi Goreng Ijo (Rp 20.500). Beda dari nasi goreng kebanyakan, Nasi Goreng Ijo warnanya ngga berasal dari kecap, melainkan daun sugi. Nah, kita bisa tenang menyantapnya nih, nasi goreng ini menggunakan pewarna alami. Aroma pedas udah tercium begitu nasi goreng tersaji di depan kita, potongan cabenya juga lumayan bikin mulut berair, yummy. Menu kedua, ada Nasi Goreng Mawud (Rp 18.500), sesuai namanya, rasa pedes dari nasi goreng ini bener-bener maut! Campuran nasi goreng pedes dengan ikan teri dan udang cocok nih buat kita yang doyan seafood.

Rate: 4 cabe
Teras Kota BSD City
Buka:10.00-22.00

Teks: Shinta – Foto: Arman Yonathan & Zaky Akbar
Gogirl! Magazine vol. 81